Tags

,


Tahun 1987 Perserikatan Bangsa-Bangsa mengesahkan Convention against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment (CAT). Indonesia sendiri meratifikasi konvensi ini pada tanggal 28 September dan disahkan melalui Undang-Undang No 5 tahun 1998 tentang Pengesahan Ratifikasi Konvensi Menentang Penyiksaan dan Peerlakuan atau Penghukuman Lain yang Kejam, Tidak Manusiawi dan Merendahkan Martabat Manusia. (Konvensi Menentang Penyiksaan).

Namun pengesahan ratifikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia ini belum menjamin praktek-praktek penyiksaan hapus dari Bumi Indonesia. Aparat penegak hukum masih melakukan tindakan penyiksaan, baik secara fisik dan psikis untuk mengorek keterangan pihak yang diduga pelaku suatu tindak kejahatan atau kriminal. Aparat Negara juga masih mempraktekkan tindakan penyiksaan untuk membungkam kebebasan berekspresi masyarakat.

UU No. 5 tahun 1998 ini belum bisa berlaku efektif karena belum ada aturan-aturan pendukung yang dapat mengimplementasikan isi konvensi dan membawa pelaku penyiksaan dalam proses hukum.

MAKA DENGAN INI KMAI MEMINTA KEPADA DPR dan PEMERINTAH UNTUK SEGERA:

  1. Mendesak Pemerintah dan DPR untuk segera meratifikasi OPCAT
  2. Mendesak Pemerintah dan DPR untuk memprioritaskan pembahasan dan pengesahan RUU KUHAP dalam prolegnas 2010 – 2014
  3. Menutut pemerintah segera meyiapkan mekanisme nasional pencegahan penyiksaan di seluruh tempat penahanan (all places of detention)
  4. Menutut pemerintah, khususnya aparatur penegak hukum untuk segera menghentikan segala bentuk penyiksaan dan perlakuan kejam lainnya dengan dalih apapun di segala tempat penahanan; dan
  5. Memberikan dukungan penuh kepada korban – korban penyiksaan (victims of torture).

JAPI mengajak masyarakat untuk menolak berbagai tindak penyiksaan dan tindakan lain yang merendahkan martabat kemanusiaan. Lawan Penyiksaan!

Jakarta, 26 Juni 2012
JAPI (Jaringan Anti Penyiksaan Indonesia)

KAMI MENYATAKAN MENDUKUNG UPAYA-UPAYA
DARI BERBAGAI PIHAK DALAM MEMBANTU
MEMUJUDKAN INDONESIA TANPA PENYIKSAAN

informasi lebih lanjut lihat di : Jaringan Anti Penyiksaan Indonesia