Tags

, , ,


sore ini saya baca email mas Anggara tentang berita di detik.com dimana diceritakan tentang rencana PERADI akan gugat KAI. Gugatan tersebut dilayangkan karena upaya penyelesaian konflik antar organisasi advokat tersebut mengalami jalan kebuntuaan.

Menurut saya gugatan PERADI terhadap KAI ataupun sebaliknya tidak akan menyelesaikan permasalahan organisasi tunggal advokat secara cepat, ringan dan berbiaya murah, karena sebagaimana kita ketahui proses gugatan perdata bisa memakan waktu lebih dari 5 tahun hingga mendapat putusan tetap. Bila permasalahan ini dilakukan dengan cara gugat menggugat, bila memenangkan salah satu pihak apakah akan meredam pihak yang kalah, bila pihak yang kalah kemudiaan membuat organisasi advokat lainya, apakah menjadi tidak efektif dan efesien.

Untuk masalah gugat-menggugat itu merupakan hak penuh bagi pihak yang merasa dirugikan, asalkan tidak merugikan calon advokat yang nasibnya masih terkatung-katung tentang statusnya yang digantung oleh MA karena terjadi konflik advokat.