Bagi kaliaan yang ingin berkiprah dan mengabdi di dalam pemerintahan saat antrean PNS diambil dari Pontianankpost,comini sedang banyak pembukaan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Adapun kiat-kiat pendaftaran CPNS sebagai berikut :

  1. Pilihlah tempat/departemen Bidang kerja yang memang anda sukai, misalkan anda tidak suka dengan problematika hukum jangan ambil CPNS Kejaksaan, kepolisiaan ataupun MA.
  2. Lengkapi diri anda dengan syarat-syarat yang diminta
  3. Jangan tergoda dengan banyaknya permintaan CPNS, biasanya semakin banyak CPNS yang dibutuhkan dalam suatu instansi semakin banyak pula peminatnya
  4. Bagi anda yang berminat mengikuti tes penerimaan CPNS di instansi yang berbeda harus memperhatikan waktu ujiana, Jangan bertabrakan
  5. Tidak perlu memberitahu tempat anda bekerja saat ini bila ingin ikut tes CPNS (bisa-bisa anda tidak masuk PNS malah dikeluarin dari tempat kerja lama) cari waktu senggang untuk mendaftar
  6. Hiraukan dugaan adanya mafia dalam penerimaan CPNS, (klo hanya dugaan hiraukan tapi bila anda bukti yang kuat laporkan, siapa tau anda dapat poinbt tambahan)
  7. Jangan pernah mau/tertarik dengan bujukan pihak-pihak yang menjamin anda akan diterima sebagai PNS
  8. Beli secara beramai-ramai soal-soal CPNS, kemudiaan foto kopi dan pelajari (Walaupun tidak ada jaminan akan keluar, setidaknya anda belajar)
  9. Biasanya soal yang diuji tentang Scholastik, Pengetahuan Umum dan Bidang Keilmuaan
  10. Sempatkan buka web tentang Istansi yang anda pilih
  11. Berdoa dan Minta restu dari keluarga (khususnya yang berkerja diinstansi yang dituju… hahahha KKN lagi)
  12. Selamat berjuang and c.u

Sebagai Tambahan, Biasanya syarat-syarat yang harus disiapkan

  • Surat lamaran yang ditulis tangan (walau jaman dah 3 G, surat lamaran masih ditulis tangan)
  • Foto Copy Ijazah yang telah dilaglisir oleh pejabat yang berwenang (legalisir ijazah bukan seperti leges bukti di Kantor Post tapi oleh Dekan / Pembantu Dekan)
  • Surat Pencari Kerja (Mungkinj ini satu-satunya program Depnaker dalam hal membantu pencari kerja…. “Ah birokratis dan gak guna”.. emang)
  • SKCK (entah apa gunanya SKCK ini dengan pencariaan kerja, mungkin itung2 bagi proyek semua kena kecipratan)
  • Bukan sebagai PNS/Polri bentuknya biasanya surat pernyataan
  • Pas Foto Terbaru
  • Dll (syarat-syarat yang ditentukan oleh Instanti yang bersangkutan)