Pojok Advokat

SOAL UJIAN ADVOKAT PERADI dan KIAT-KIAT MENGHADAPINYA


Setelah proses Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diselenggarakan olehPKPA PBHI PBHI berakhir tangal 24 Juli 2009 lalu, banyak peserta yang mendatangi saya untuk menanyakan kiat-kita menghadapi soal ujian Advokat PERADI. Daripada harus menjawab satu persatu, maka saya jelaskan saja di tulisan ini, adapaun kita-kiat sebagai berikut :

     

  1. Buat Kelompok belajar dengan teman-teman yang anda sukai, tidak perlu banyak;
  2. Usahakan teman kelompok belajar anda beragam (tidak hanya dari satu tempat kerja, satu kantor atau satu PKPA) hal ini berguna untuk menambah wawasan dan bisa bertukar pengalaman;
  3. Bersama teman-teman kelompok belajar carilah contoh soal (bila dimungkinkan dapatkan soal pada latihan-latihan try out yang banyak diadakan)
  4. Bersama Kelmpok belajar buatlah :
    1. Tentukan tempat belajar (bisa dirumah masing-masing peserta, kalau bisa cari tempat yang bisa akses internet)
    2. Tentukan Kurikulum pembelajaran (cermati soal-soal apa saja yang diujikan, usahakan dalam satu / dua pertemuan satu tema soal selesai dibahas, misalkan pertemuan pertama organisasi advokat, pertemuaan kedua kode etik advokat dll)
    3. Tentukan Durasi waktu pertemuaan, dan durasi belajar bersama.
    4. Tentukan Metode Pembelajaran (bisa degan memanggil orang yang ahli dalam bidang hukum tertentu, presentase oleh setiap peserta dan dengan membahas soal bersama)
  5. Pelajari secara rutin dalam setiap pertemuaan untuk permaalahan soal surat kuasa (SURAT KUASA contoh new) dan gugatan (gugatan contoh new);
  6. Biasakan kerjakan surat kuasa dan gugatan dengan ditulis tangan, tukar dengan teman belajar untuk dikoreksi dan diberi masukan.
  7. Beritahukan kepada rekan-rekan kantor khususnya atasan anda, bahwa anda akan mengikuti ujian advokat, sehingga anda bisa mendapatkan waktu extra dari kantor;
  8. Untuk anda yang berkerja di lingkungan hukum jangan segan untuk mendiskusikan permaslahan yang anda hadapi dengan rekan kerja anda.
  9. Banyak-banyak berdoa sebelum dan sesudah ujiaan.ujian Peradi

Semoga Berguna

soal ujian advokat (unduh disini)

Standard

27 thoughts on “SOAL UJIAN ADVOKAT PERADI dan KIAT-KIAT MENGHADAPINYA

  1. dengan adanya soal-soal ujian advokat peradi sangat membantu saya untuk menghadapi ujian nanti yang akan diselenggarakan oleh ikadin atau peradi terima kasih mohon bantuan soal dan kirim lewat email saya yah mas/mba

  2. Egga says:

    bapa-bapa senior advokat saya mau nanya kalo ujian PKPA setiap berapa tahun sekali? saya udah mikirin ke PKPA wong kuliah hukumnya juga belum baru tahun depan,hehehe.. tp gak apa yach,.buat persiapan pengetahuan,.hehe..

    • totokyuliyanto says:

      Selamat memasuki pelajaran hukumnya, Saran saya dalam belajar ilmu hukum jangan pernah mempelajari peraturan saja tapi juga teori, prinsip dan filsafat, karena peraturan bisa diganti. ujian advokat biasanya dilaksanakan 1 tahun sekali, dan 3-4 bulan diakhir tahun.

      • totokyuliyanto says:

        Wah Boy, gw gak punya tuh soal PERADI 2011, cob cek di toko buku ada buku soal ujian advokat. coba deh perhatiin soalnya cuma itu2 aja koqs soalnya paling diputer2.
        katanya sh sekali ujian PERADI keluarin berapa versi soal yang dipake secara bersamaan. jadi mungkin banyak soal PERADI 2011

    • totokyuliyanto says:

      Sepertinya sudah pernah aq posting nanti akalu mau ujian aq posting lagi yah…kalau masih jauh, belajarlah seperti memang mencari ilmu bukan menghadapi ujian, kalau sudah 2 bulan baru belajar untuk persiapan ujian

  3. Gio says:

    Mas Totok, kalau mau beli buku kumpulan soal dan jawaban Ujian Advokat Peradi di mana ya? Biar lebih enak belajarnya kalau udah ada jawabannya Mas…

    Thanks,
    Gio

    • totokyuliyanto says:

      kemaren sih sempet liat di Gramedia, cari bahan soal sama yang pernah ujian saja…biasanya yang mau ujian ngumpulin contoh soal sebanyak2nya…toh mereka gak dipake lagi…selamat bherjuang dengan ujian advokat

  4. desmelta anggraini says:

    saya lulusan sarjana hukum tp sama sekali saya tidak pernah terjun langsung di kantor2 hukum. apakah saya bisa ikut dalm tes advokad peradi????

  5. kalo ada yang mau ikut ujian advokat tgl 23 maret 2013, kita bikin kelompok yuk…yg berminat hubungi saya di 081298982525. semoga kita bisa sama-sama lulus.
    oiya, kalo bisa yang wilayahnya di DKI aja.soalnya saya tinggal di DKI. makasih.

  6. Woro Subagyo says:

    Ujian Profesi Advokat akan diselenggarakan 15 feb 2014, teman2 yang ada di surabaya & sekitarnya yg berminat mengikuti ujian silahkan merapat kita bisa saling berbagi dan membentuk tim/kelompok agar persiapan hadapi ujian semakin mantab. saya sendiripun sudah ikuti ujian maret2013 lalu dan harus mengulangi lagi krn blm berhasil. (sms di 08992467827. konfirmasikan telp dan alamat lengkap anda) semoga manfaat.. tks Mas Totok…

  7. moh pangaribuan says:

    Maksih ya Mas Totok, kiat-kiat ini membantu saya, yang kebetulan lulusan mahasiswa hukum yg berasal dari ekonomi lemah, saya barusan dapat info ada lembaga kursus Peradi yg menarik biaya sangat-sangat besar (bagi kantong saya yg baru lulus), kursusnya di dalam dan di luar kota (dgn alasan lbih konsentarsi) dan biaya sebesar itu tidak dijamin lulus. Jadi saya siap bertarung belajar secara otodidak, thank ya Mas Totok

Leave a Reply

