Setelah proses Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diselenggarakan olehPKPA PBHI PBHI berakhir tangal 24 Juli 2009 lalu, banyak peserta yang mendatangi saya untuk menanyakan kiat-kita menghadapi soal ujian Advokat PERADI. Daripada harus menjawab satu persatu, maka saya jelaskan saja di tulisan ini, adapaun kita-kiat sebagai berikut :

     

  1. Buat Kelompok belajar dengan teman-teman yang anda sukai, tidak perlu banyak;
  2. Usahakan teman kelompok belajar anda beragam (tidak hanya dari satu tempat kerja, satu kantor atau satu PKPA) hal ini berguna untuk menambah wawasan dan bisa bertukar pengalaman;
  3. Bersama teman-teman kelompok belajar carilah contoh soal (bila dimungkinkan dapatkan soal pada latihan-latihan try out yang banyak diadakan)
  4. Bersama Kelmpok belajar buatlah :
    1. Tentukan tempat belajar (bisa dirumah masing-masing peserta, kalau bisa cari tempat yang bisa akses internet)
    2. Tentukan Kurikulum pembelajaran (cermati soal-soal apa saja yang diujikan, usahakan dalam satu / dua pertemuan satu tema soal selesai dibahas, misalkan pertemuan pertama organisasi advokat, pertemuaan kedua kode etik advokat dll)
    3. Tentukan Durasi waktu pertemuaan, dan durasi belajar bersama.
    4. Tentukan Metode Pembelajaran (bisa degan memanggil orang yang ahli dalam bidang hukum tertentu, presentase oleh setiap peserta dan dengan membahas soal bersama)
  5. Pelajari secara rutin dalam setiap pertemuaan untuk permaalahan soal surat kuasa (SURAT KUASA contoh new) dan gugatan (gugatan contoh new);
  6. Biasakan kerjakan surat kuasa dan gugatan dengan ditulis tangan, tukar dengan teman belajar untuk dikoreksi dan diberi masukan.
  7. Beritahukan kepada rekan-rekan kantor khususnya atasan anda, bahwa anda akan mengikuti ujian advokat, sehingga anda bisa mendapatkan waktu extra dari kantor;
  8. Untuk anda yang berkerja di lingkungan hukum jangan segan untuk mendiskusikan permaslahan yang anda hadapi dengan rekan kerja anda.
  9. Banyak-banyak berdoa sebelum dan sesudah ujiaan.ujian Peradi

Semoga Berguna

soal ujian advokat (unduh disini)

About these ads